Perlunya Pendinginan Sehabis Olahraga

shares |


 
Seberapa pentingkah pendinginan setelah olahraga? Menurut American Council on Exercise, meregangkan otot seusai exercising sangat perlu dilakukan guna mengurangi risiko cidera pada otot dan membantu mengatasi nyeri otot yang biasa muncul setelah olahraga.
Sebelum berolahraga, kamu juga diharuskan untuk melakukan pemanasan agar otot-otot tidak ‘kaget’. Nah, fungsi dari proses pendinginan adalah meningkatkan rentang gerak otot agar tidak robek dan luka dalam kondisi hangat. Bagaimana, penting bukan?
Tidak hanya hal di atas, ada beberapa manfaat lain dari proses pendinginan setelah olahraga. Read on to find out more!

1. Mengurangi Otot yang Lelah
 
Asam laktat yang terbentuk di otot saat kamu berolahraga seringkali menyebabkan nyeri otot dan kelelahan. Kabar baiknya, jika kamu selalu melakukan pendinginan, otot akan melakukan persiapan penurunan suhu, sehingga saat kamu melakukan aktivitas normal, rasa nyeri bisa hilang dengan lebih cepat. 
2. Mencegah Stress
Selain otot, kamu juga dapat merasa lebih rileks dengan melakukan pendinginan. Jika kamu meregangkan tubuh sambil mengatur ritme napas dengan baik, tubuh ikut meregang sambil mengatasi rasa nyeri yang kamu alami. Keselarasan antara pikiran dan tubuh merupakan hal yang sangat penting dalam menghilangkan stress. Tentu saja, saraf di dalam otak dan tubuh menjadi lebih tenang jika kamu rutin melakukan peregangan. 

3. Melatih Kelenturan OtotMemiliki otot yang lentur akan mengurangi risiko kram otot dan membuatmu semakin mudah dalam bergerak. Kelenturan otot ini penting untuk dilatih jika kamu memang rutin berolahraga.
Seiring bertambahnya usia, otot akan semakin kaku. Itu sebabnya seringkali orang yang sudah kehilangan kelenturan pada ototnya mengalami nyeri-nyeri otot atau kram. Nah, jangan sampai kamu melewatkan proses pendinginan saat olahraga, atau saat duduk berlama-lama di kursi kantor jangan lupa untuk meregangkan otot secara berkala.


Dikutip : https://thread.zalora.co.id/pentingnya-proses-pendinginan-setelah-olahraga-d88de9670a2a



Related Posts

0 komentar:

Posting Komentar